CIKAMPEK, Spirit
Sejak dua bulan terakhir, warga Cariu Poris Bombay, Desa Wanci Mekar, Kecamatan Kotabaru, Karawang, keluhkan aliran listrik dari gardu WMB 036 yang mengeluarkan suara dengungan yang cukup mengganggu pendengaran warga.
Bahkan tak sedikit barang elektronik mereka rusak, situasi seperti ini sudah dilaporkan warga ke pihak PLN Rayon Cikampek sejak sebulan lalu, namun hingga kini kondisinya masih belum ada perbaikan.
Keluhan warga terkait aliran lintrik yang voltage-nya jauh di bawah standar tersebut, mengakibatkan kekecewaan pelanggan yang berada di Kampung Cariu Poris Bombay terus.
Seperti yang dialami warga RT 01 RW 02 kampung tersebut, Suparman (68) mengatakan, pada malam hari lampu di rumahnya menyala tidak normal. Terlebih untuk menghidupkan pompa air atau lemari pendingin serta alat elektronik lainnya, bahkan jika di paksakan akan merusak alat tersebut.
“Sejak dua bulan belakangan ini penerangan listrik dianggap tidak normal, listrik pada malam hari nyalanya asal nyala saja, tanpa memberikan penerangan ibarat kunang-kunang. Padahal kami sudah melaporkan kondisi ini ke PLN Rayon Cikampek, tapi ya seperti inilah keadaannya, mereka seolah-olah mengabaikan laporan kami,” kata Suparman kepada Spirit Karawang, Rabu (29/10).
Hal senada dikatakan Awiah (34), dia juga keluhkan kondisi Layanan PLN, bahkan dirinya mengaku peralatan elektronik miliknya mengalami kerusakan, di antaranya pompa air dan lemari es pendingin. Akibatnya, Awiah menjual dengan harga yang murah. Awiah juga mengatakan, dirinya merasa dirugikan akibat layanan PLN yang kurang memperhatikan pelanggannya.
“Ya, jujur saja akibat kondisi aliran listrik seperti ini, peralatan rumah jadi pada rusak, memang pembayaran jadi murah, biasa dalam satu bulan saya bayar tagihan rekening listrik mencapai Rp 90.000,00, nah dua bulan belakangan ini hanya Rp 50.000,00, tapi jika hanya menyala tanpa ada manfaat penerangan ya untuk apa. Saya berharap agar pihak PLN segera melakukan perbaikan aliran listrik ini, hingga kami bisa menikmati penerangan yang normal seperti semula,” katanya.
Sementara itu Manager PLN Rayon Cikampek H Nana Suryana, melalui sambungan telepon selularnya, memohon waktu. Pihaknya juga akan melihat pengaduan warga yang sudah masuk kepada pihaknya. Namun dia juga meminta waktu kepada warga untuk melakukan perbaikan, antara lain akan memasang tiang bari di 11 gawang, dan melakukan penarikan jaringan baru ke kampung tersebut.
“Ya, setelah kami periksa ternyata pengaduan warga tersebut sudah diterima pihaknya, kami akan melakukan pemasangan tiang di 11 gawang dan disertai dengan penarikan jaringan baru ke daerah tersebut. Saya mohon agar warga bersabar, karena material untuk melakukan perbaikan jaringan berada di Karawang,” ujarnya. (gus)
Posting Komentar