Pancangan, Pantai Uji Nyali Wisatawan

RUTINITAS  kehidupan seringkali menuntut seseorang agar dapat melepaskannya dengan berwisata. Di Kabupaten Karawang, sangat banyak obyek wisata yang bisa dijadikan tempat untuk rekreasi. Mulai dari obyek wisata pegunungan maupun wisata laut di daerah pesisir pantai utara. Salah satu tempat di wilayah pesisir pantai adalah Pancangan. 

Jarak yang tidak begitu jauh, membuat kita tak perlu merogoh kocek banyak untuk bisa menikmati hari libur maupun waktu luang. Dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam dari pusat kota, pemandangan alam bahari akan siap menghilangkan kepenatan. Terlebih lagi bagi pecinta selfi. Tanggul yang menjorok ke tengah laut dengan jarak 400 m ini, paling cocok untuk menyalurkan hobi tersebut. Kita tinggal memilih berbagai pose yang cocok dan menjadi selera sesuai dengan kreasi kita.

Pancangan boleh dianggap sebagai tempat yang mungkin tak banyak dikenal masyarakat luas Karawang. Lokasi yang dahulu dipergunakan untuk pengapalan hasil tambak inti rakyat (TIR) ini berada di Kampung Cipucuk, Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Karawang.  Sehingga, secara historis ekonomi,  tempat ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah Kota Pangkal Perjuangan. Pada Era Presiden Soeharto, Pancangan ini digunakan sebagai sandaran memanen tambak-tambak yang berada di sekitar wilayah tersebut. 

Dua buah tanggul yang panjangnya kurang lebih sama tersebut menjorok ke laut yang siap siap menguji adrenalin Anda.

Pasalnya, bagi yang belum terbiasa mengunjungi tempat ini, untuk sekadar berjalan di atas tanggul menuju tengah laut, sangat butuh keberanian. Apalagi tentunya bagi pecinta selfie. Di tempat ini anda bisa ber-selfie dengan berlatarkan laut dan hanya berpijak di atas tanggul pancang yang lebarnya hanya sekitar 60 cm dan 1 m. Menakjubkan bukan? Bagi yang hobi  bertualang, ada baiknya mengunjungi tempat tersebut.

“Seru juga, tapi kalau terlalu ke depan (tengah laut) saya takut kecebur. Jadi saya tidak mengambil tempat yang terlalu menjorok ke laut. Tinggal jepret, deh,”ungkap Yayan Sopyan, warga Kutawaluya saat dijumpai Spirit Karawang.

Meskipun menegangkan, di tempat ini pula kita bisa menikmati dan merasakan semilir angin pantai yang menghembuskan kedamaian. Betapa tidak, ditempat ini  pemandangan laut lepas siap memberikan nuansa bahari. Betapa indah kekayaan maritim negeri kita. 

Selain itu, bagi para mancing mania, di tempat ini  acapkali menjadi ajang mancing di laut lepas. Bahkan, para pemancing dari daerah kabupaten tetangga kerap menjadikan Pancangan  sasaran untuk melampiaskan hobinya. “Karena kondisi tempat yang cocok buat beradu strikelah saya dan rekan tiap weekend sering ke tempat ini,” ujar Wahyu, salah seorang pemancing dari Bekasi.

Bahkan , sambungnya, lantaran terlalu asik beradu strike ia sering tak sadar bahwa senja mulai berangsur tiba. “Terkadang, saking asyiknya sampai malam pun kami masih di sini. Di tempat ini kami hanya berbekal pancing dan umpan, kepenatan dan kesibukan sehari-sehari pun seakan hilang,” ujarnya. (Mustofa Top/Spirit Karawang)


Share this video :

+ komentar + 1 komentar

30 Desember 2017 pukul 13.27

Keren bro...

http://bawahappyaja.blogspot.com

Bawa Happy Aja - Enjoy Your Life

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. POTRET KARAWANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger